Stratego: permainan bagus untuk anak-anak ataupun dewasa

by hawarihadi

terdengar familiarkah jika ku bilang ini adalah sebuah permainan? permainan papan tepatnya, seperti halnya monopoli, halma, ludo dan lainnya. Permainan ini tidak populer di indonesia. Mengingat dahulu kala ketika kecil, yang punya permainan ini adalah yang bapaknya pulang dari luar negeri, atau sebagai oleh-oleh dari luar negeri. Maaf kalo pendapat saya ini salah.

Kenapa tidak populer? padahal ini sangat baik untuk mengasah pola pikir anak dalam berstrategi, menghadapai kehidupan nyata di masa dewasa kelak. Yaah.. tidak populer karena harus mikir. Kebanyakan orang tua kita tidak mau anaknya berpikir terlalu keras hanya untuk sebuah permaian. Ini suatu pembodohan bukan?

Ada juga permainan strategi yang sangat popular se-dunia: CATUR. tapi memang catur terlalu rumit, hampir tidak ada sisi permaianan anak di dalamnya. Makanya banyaknya yang maen catur itu orang tua, itu pun dalam pos ronda atau ditengah lomba 17an RT.

Jadi apasih mahluk stratego ini?
waaa kalo panjang lebar saya juga males ngetiknya..
sementara ini lihat wiki dulu yaaa..
http://en.wikipedia.org/wiki/Stratego

kira-kira ini lah si stratego itu:

 

Initial set up of Stratego, from the Milton Bradley edition with plastic pieces.

Initial set up of Stratego, from the Milton Bradley edition with plastic pieces.

Stratego adalah permainan berpapan dengan ukuran kira-kira 10″x10″ dan dua pemain dengan 40 keping masing-masing. Kepingan tersebut mewakili perwira dan serdadu. Tujuan permainan ini adalah menemukan dan menggulingkan bendera lawan, atau menangkap banyak keping lawan. Pemain tidak dapat melihat pangkat dari keping lawannya. Jadi tipuan informasi dan penjelajahan sangat penting di permainan ini.

About these ads