Koneksi Internet Cable Fastnet (FirstMedia), dan Cara Share Internet ke Komputer lain

by hawarihadi

 

Intenet ConnectionFirstMedia mengeluarkan produk TV cable dan Internet cable dengan tarif relatif murah banget jika dibandingkan dengan layanan ISP lainnya di Indonesia
Saat ini untuk TV cable tersedia paket seharga Rp.99.000,- dan Rp.145.00,- perbulan (belum termasuk ppn) , sedangkan untuk koneksi internet cable unlimitedtersedia paket Fastnet 384kbps Rp.99.000,- perbulan, Fastnet 512kbps Rp.195.000,- perbulan,Fastnet 768kbps Rp.295.000,- perbulan, Fastnet 1500kbps Rp.595.000,- perbulan, danFastnet 3000kbps Rp.1.195.000,- perbulan (semua harga tersebut belum termasuk ppn)
Coverage area saat ini baru ada di daerah daerah tertentu di Jabotabek dan Surabaya, bisa dicek di websitenyahttp://www.firstmedia.com

Minggu ini jaringan Firstmedia sudah mencapai di area perumahan saya di Tangerang. 2 hari yang lalu saya langsung mendaftar internet cable melalui sales yang nongkrong promosi di sekitar perumahan saya, pelayanannya cukup memuaskan, siang daftar sore langsung dipasang, langsung online, tanpa syarat macam-macam hanya dicatat identitas dan gratis tanpa biaya pendaftaran.
Saya memilih paket internet Fastnet 768kbps seharga Rp.295.000,- setelah dikenai ppn menjadiRp.324.500,- perbulan. Untuk paket Fastnet 768kbps ke atas modem intenet kabel dipinjamkan gratis, kita cukup hanya modal komputer atau laptop saja, dan tidak diharuskan untuk berlangganan tv cable.
Sedangkan untuk paket internet Fastnet 384kbps dan Fastnet 512kbps pelanggan diharuskan membeli modem seharga Rp.500.000,-, untuk paket internet Fastnet 384 kbps pelanggan diwajibkan berlangganan TV cable seharga Rp.99.000,-

Untuk kecepatan koneksi saat saya tulis artikel ini mencapai 788 kbps download dan 123 kbps upload 

Saat ini kecepatan memuaskan karena bisa lebih tinggi dari kecepatan yang dijanjikan 768 kbps

Setelah berhasil mengakses internet menggunakan laptop saya, saya mencoba untuk sharing koneksi internet ke komputer teman-teman saya satu rumah kontrakan. Saya coba gunakan switchD-Link DES-1008D ternyata gagal untuk sharing internet, kemudian saya coba gunakan Router D-Link DL -524 juga gagal. Switch dan router yang saya sebutkan tersebut selama ini sudah saya gunakan untuk sharing internet menggunakan akses internet Speedy dengan lancar tanpa setting macam-macam.

Kemudian saya coba lakukan setting ulang sharing internet menggunakan Router D-Link DL -524dan ternyata sharing internet kabel dari fastnet bisa dilakukan, baik menggunakan jaringan kabel lan RJ-45 maupun jaringan wirelles dari router tersebut.
Account internet tv kabel Fastnet sebenarnya hanya diperuntukkan untuk personal, hanya bisa digunakan di satu komputer saat pemasangan pertama. Proteksi dilakukan berdasar MAC address. MAC (Media Access Control) adalah alamat unik di dalam ethernet card. MAC bisa dilihat menggunakan perintah ipconfig/all pada command prompt dan terlihat pada tulisan Physical Address : (misalnya: 00-16-52-EF-1A)

Dengan menggunakan Router kita bisa melewati proteksi MAC address tersebut, yaitu dengan melakukan Clone MAC Address saat menyetting router. Untuk Router D-Link DL -524 langkah setting adalah dengan membuka control panelnya melalui browser dengan alamathttp://192.168.0.1/ default username:adminpassword:dikosongkan saja, kemudian klik Run Wizard, dan tinggal ikuti saja langkah-langkah yang ada disitu

1. Set Your New Password
2. Choose your timezone
3. Set Intenet Connection (di langkah ini klik clone MAC Address)
4. Set Wirelles Conection
5. Restart

Setelah langkah di atas dilakukan, sharing internet kabel sudah dapat dilakukan menggunakan 4 port kabel RJ-45 dan koneksi wireless yang terdapat pada Router D-Link DL -524 tersebut.

Gambar di bawah ini adalah skema share Internet Cable Menggunakan Modem Cable Motorolla SB5101 dan Router DL-524
share_internet_cable.jpg

Untuk penggunaan switch atau hub (bukan router) misalnya switch D-Link DES-1008D , sepertinya tidak bisa dilakukan, karena tidak bisa digunakan untuk clone MAC address. Namun saya mendapat ide dari buku Seni Teknik Hacking I karangan S’to ,yang belum saya coba yaitu penggunaan software K-MAC untuk merubah MAC address masing-masing komputer, disamakan dengan MAC address komputer/laptop pertama yang dipakai saat pemasangan internet kabel. Software K-MAC bisa didapatkan di website http://www.neset.com

Sekian dulu artikel saya tentang koneksi Internet kabel Fastnet, tolong dikoreksi jika ada yang salah, karena saya bukan ahli jaringan komputer.

 

source:

http://cakwid.net/internet/koneksi-internet-cable-fastnet-firstmedia-dan-cara-share-internet-ke-komputer-lain.htm

About these ads